Wednesday, September 9, 2020

SILABUS PENDIDIKAN INKLUSI

 

SILABUS
MATA KULIAH P
ENDIDIKAN INKLUSI

 

A.      IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah      :  Pendidikan Inklusi
Jumlah SKS        
          :  2 SKS
Semester            
         2 & 4 (Genap)
Program Studi
             PGMI / S1
Dosen            
              Muhammad Fathoni, S.Pd.I., M.S.I

 

B.      TUJUAN MATA KULIAH

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pendidikan inklusif secara komprehensif.

 

C.      DESKRIPSI ISI  

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Program Studi yang diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK). Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi, karakteristik kelas/sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, Classroom assessments for students learning, komunikasi fungsional Kolaborasi, Peran orang tua dalam pendidikan inklusif.

 

D.     PENDEKATAN PEMBELAJARAN

1. Pendekatan :  Ekspositori dan Inkuiri.

o   Ekspositori adalah pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang dosen kepada sekelompok mahasiswa dengan maksud agar mahasiswa dapat menguasai materi kuliah secara optimal.

o   Inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran mahasiswa dalam metode ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan dosen berperan sebagai fasilitator dan pembimbing mahasiswa untuk belajar.

2. Metode           : Diskusi dan Ceramah. 

3. Tugas              : Makalah kelompok, penyajian dan diskusi

4. Media             : Spidol, White Board (Papan Tulis), LCD, dan Internet

E.      EVALUASI
Nilai Akhir (NA) mahasiswa pada mata kuliah ini didasarkan atas aspek-aspek :
1.    Makalah kelompok
2.    Aktifitas dan partisipasi di kelas
3.    Penyajian dan Diskusi
4.    Ujian Tengah Semester (UTS)
5.    Ujian Akhir Semester (UAS)

Nilai Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100.
Angka-angka tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan sebagai berikut. 
                                   
Indeks    Nilai
A    78 – 100
B    68 – 77
C    58 – 67
D    48 – 57
E    0 – 47

F.       RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN

Pertemuan 1    : Pengantar Perkuliahan

Pertemuan 2    : Konsep dasar inklusi: pengertian, prinsip-prinsip pendidikan inklusif,

   rasional dasar hukum dan sejarah inklusi di Indonesia,

Pertemuan 3    : Praktek pendidikan inklusi di Indonesia saat ini,

   Faktor-faktor yang menghambat kesuksesan inklusi

Pertemuan 4    : Karakteristik fisik, Karakteristik psikis

   Sumberdaya dalam pendidikan inklusif

Pertemuan 5    : UTS

Pertemuan 6    : Peran guru dan orangtua dalam pendidikan inklusif

Pertemuan 7    : Modifikasi dan adaptasi kurikulum

   serta Desain pembelajaran dalam kelas/sekolah inklusif

Pertemuan 8    : Kolaborasi: pengertian, prinsip-prinsip kolaborasi,

  kegiatan-kegiatan kolaboratif (siswa, guru dan orang tua)

Pertemuan 9    : Assesment pendidikan (educational assesment) di kelas / sekolah

  inklusif

Pertemuan 10  : UAS

G.     DAFTAR PUSTAKA

­  Assjari, M. (2005). Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional .

­  Atta, M. A., Shah, M., & Khan, M. (2009). Inclusive School and Inclusive Teacher. The Dialogue Quarterly Reasearch Journal, 272-284.

­  Dr. Endis Firdaus, M. (2010). Pendidikan Inklusif dan Implementasinya di Indonesia. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

­  Howard, W. L. (2003). Exceptional Education: An Introduction to Special Education. New Jersey: Pearson Education.

­  Rudiyati, S. (2011). Potret Sekolah Inklusif di Indonesia. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

­  Sunaryo. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). Jakarta: PLB FIP UPI.

 

No comments:

Post a Comment