RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH PEMBELAJARAN FIQIH
PROGRAM STUDI PAI dan PGMI
STIK KENDAL
A. Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah |
: Pembelajaran Fiqih |
Semester |
: III |
Program Studi |
: PAI |
Dosen |
: Muhammad Fathoni, S.Pd.I, MSI |
B. Deskripsi Isi
Pembelajaran FIQIH menjelaskan tentang: pengertian kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pembelajaran dan materi pembelajaran, pengertian media pembelajaran dan menentukan atau memilih media pembelajaran fiqih yang tepat, menentukan alat peraga pembelajaran fiqih, penilaian dan perencanaan pembelajaran Fiqih dengan baik dan benar |
C. Capaian Pembelajaran dan Indikator Pembelajaran
No. |
Capaian Pembelajaran |
Indikator |
Pokok Bahasan |
|
1 |
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Menjelaskan pengertian kompetensi inti dan kompetensi dasar. 2. Memetakan perbedaan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran FIKIH MI 3. Menemukan Kompetensi Inti mata pelajaran FIKIH MI. 4. Menemukan Kompetensi Dasar mata pelajaran FIKIH MI pada masing-masing kelas |
1. Kompetensi Inti dan kompetensi dasar. 2. Perbedaan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran FIKIH MI 3. Temuan Kompetensi Inti mata pelajaran FIKIH MI. 4. Temuan Kompetensi Dasar mata pelajaran FIKIH MI pada masing-masing kelas.
|
|
2 |
Mengembangkan indikator dan materi untuk pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Menjelaskan pengertian indikator 2. Menentukan langkah-langkah pengembangan indikator untuk pembelajaran FIKIH MI. 3. Menentukan langkah-langkah pemilihan materi untuk pembelajaran FIKIH MI 4. Merumuskan indikator 5. Merumuskan materi |
1. Pengertian indikator 2. Langkah-langkah pengembangan indikator untuk pembelajaran FIKIH MI. 3. Langkah-langkah pemilihan materi untuk pembelajaran FIKIH MI 4. Rumusan indikator 5. Rumusan materi |
|
3 |
Mampu menyiapkan media pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Menjelaskan pengertian media 2. Menentukan dan memilih media pembelajaran FIKIH MI. 3. Menentukan langkah penyiapan media pembelajaran FIKIH MI 4. Terampil menggunakan media dalam pembelajaran FIKIH MI |
1. Pengertian media 2. menentukan/memilih jenis media pembelajaran FIKIH MI. 3. Langkah penyiapan media pembelajaran FIKIH MI 4. Macam-macam media dalam pembelajaran FIKIH MI |
|
4 |
Mampu menggunakan alat peraga dalam pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Menentukan alat peraga 2. Terampil memilih alat peraga dalam pembelajaran FIKIH MI. 3. Terampil menggunakan alat peraga dalam pembelajaran FIKIH MI |
Alat peraga dalam pembelajaran FIKIH MI |
|
5 |
Mampu merancang penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Terampil menentukan jenis penilaian 2. Terampil membuat rancangan penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI 3. Terampil menyusun alat penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI. 4. Terampil melaksanakan penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI.
|
Penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI |
|
6 |
Mampu membuat perencanaan pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Menganalisa silabus mata pelajaran FIKIH MI 2. Terampil membuat RPP 3. Terampil membuat promes 4. Terampil membuat prota |
Perencanaan pembelajaran FIKIH MI |
|
7 |
Mampu melaksanakan pembelajaran FIKIH MI |
Mahasiswa dapat :1. Terampil melaksanakan pembelajaran FIKIH MI 2. Terampil membuka pelajaran 3. Terampil menjelaskan 4. Terampil menggunakan strategi dan metode yang variatif 5. Terampil menggunakan media pembelajaran 6. Terampil menutup pelajaran |
praktek melaksanakan pembelajaran FIKIH MI |
|
D. Indikator Pencapaian
Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pembelajaran dan materi pembelajaran, menjelaskan pengertian media pembelajaran dan mampu menentukan / memilih media pembelajaran fiqih yang tepat, mampu menentukan alat peraga pembelajaran fiqih, mampu melakukan penilaian dan perencanaan pembelajaran Fiqih dengan baik dan benar.
E. Learning Outcome
Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah pembelajaran Fiqih MI.
F. Timeline Kegiatan
Pertemuan Ke |
Tanggal Pertemuan |
Topik Bahasan |
1. |
|
RPS, Kontrak Kuliah, Tugas Perkuliahan |
2. |
|
Kompetensi Inti 1. Kompetensi Inti. 2. Perbedaan antara kompetensi inti mata pelajaran FIKIH MI 3. Temuan Kompetensi Inti mata pelajaran FIKIH MI. 4. Temuan Kompetensi Inti mata pelajaran FIKIH MI pada masing-masing kelas. |
3. |
|
Kompetensi Dasar 1. Kompetensi dasar. 2. Perbedaan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran FIKIH MI 3. Temuan Kompetensi Dasar mata pelajaran FIKIH MI. 4. Temuan Kompetensi Dasar mata pelajaran FIKIH MI pada masing-masing kelas. |
4. |
|
Indikator Pembelajaran Fiqih 1. Pengertian indikator 2. Langkah-langkah pengembangan indikator untuk pembelajaran FIKIH MI. 3. Langkah-langkah pemilihan materi untuk pembelajaran FIKIH MI 4. Rumusan indikator 5. Rumusan materi |
5. |
|
Media Pembelajaran Fiqih 1. Pengertian media 2. menentukan/memilih jenis media pembelajaran FIKIH MI. 3. Langkah penyiapan media pembelajaran FIKIH MI 4. Macam-macam media dalam pembelajaran FIKIH MI |
6. |
|
Ujian Tengah Semester (UTS) |
7. |
|
Alat peraga dalam pembelajaran FIKIH MI |
8 |
|
Penilaian dalam pembelajaran FIKIH MI |
9 |
Perencanaan pembelajaran FIKIH MI |
|
10 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS) |
G. Tugas
Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.
Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:
1) Mahasiswa akan dibagi dalam 8 kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di awal perkuliahan ).
2) Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal pertemuan pertama.
3) Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.
4) Bahan yang akan didiskusikan dapat setidaknya mencakup:
Ø Materi, teori inti yang berkaitan dengan tema.
Ø Urgensi materi, manfaat materi.
Ø Dalil, Nas Pendukung.
Ø Materi pendukung yang lain.
Ø Integrasi dengan keilmuan yang lain
Ø Interkoneksi dengan isu-isu aktual.
5) Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB DIKUMPULKAN kepada Dosen pada saat presentasi makalah, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA, Berupa soft file dikirim ke alamat email : tonnyfaradizza@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).
6) KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAH TIDAK AKAN MENDAPATKAN NILAI TUGAS
7) Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.
H. Referensi
- Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup
- Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
- Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
- M. Roqib, 2009 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis
- Hasan, 2006, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press
- Azyumardi Azra, 2012, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.
- Mohammad Daud Ali, 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
- Abuddin Nata, 2012, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
- Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
- Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
- Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
- Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
- Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982
- Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
- Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.
I. Sistem Penilaian
No |
Komponen Penilaian |
Bobot |
1 |
Tugas |
20% |
2 |
Partisipasi dalam kelas |
15% |
3 |
Presensi Kehadiran |
15% |
4 |
UTS |
20% |
5 |
UAS |
30% |
Total |
100% |
J. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online maupun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi yang relevan.
No comments:
Post a Comment