RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM 2020
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
STIK KENDAL
A. Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah |
: Ilmu Pendidikan Islam |
Semester |
: III & V |
Program Studi |
: Pendidikan Agama Islam |
Dosen |
: Muhammad Fathoni, S.Pd.I, MSI |
B. Deskripsi Isi
Ilmu Pendidikan Islam menjelaskan tentang: definisi, ruang lingkup, dan metode, wawasan kepribadian muslim, komponen, pelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatannya, problematika dan segi-segi, serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan pendidikan nasional. |
C. Capaian Pembelajaran dan Indikator Pembelajaran
No. |
Capaian Pembelajaran |
Indikator |
Pokok Bahasan |
|
1 |
Memahami konsep, ruang lingkup, dan sistem Pendidikan Islam. |
Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam. |
1. Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam. 2. Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam. 3. Sistem Pendidikan Islam. |
|
2 |
Memiliki pemahaman tentang komponen Pendidikan Islam. |
Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam. |
4. Komponen-komponen Pendidikan Islam. 5. Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam. |
|
3 |
Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya |
Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya. |
6. Prinsip-prinsip Pendidikan Islam. 7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam. 8. Evaluasi dalam Pendidikan Islam. |
|
4 |
Memahami tentang kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional. |
Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. |
9. Eksistensi dan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia. 10. Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional. |
|
D. Indikator Pencapaian
Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam. Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya. Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.
E. Learning Outcome
Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah ilmu pendidikan islam.
F. Timeline Kegiatan
Pertemuan Ke |
Tanggal Pertemuan |
Topik Bahasan |
1. |
|
Kontrak Perkuliahan Pengertian Pendidikan Islam · Konsep Dasar · Ruang Lingkup Pendidikan Islam. · Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional. |
2. |
|
Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam Tarbiyah, Taklim, Ta’dib Komponen dan sumber Pendidikan Islam. Ø Pendidik dalam Pendidikan Islam Ø Peserta didik dalam Pendidikan Islam Ø Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam Ø Alat/ Sarana Pendidikan Islam Ø Lingkungan Pendidikan Islam |
3. |
|
Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Proses Belajar Mengajar Evaluasi dalam Pendidikan Islam. |
4. |
|
Peserta Didik dalam Pendidikan Islam Etika Peserta Didik dalam Pendidikan Islam Karakteristik Peserta Didik Urgensi Pengenalan Peserta Didik |
5. |
|
UTS |
6. |
|
Sistem Pendidikan Islam Kurikulum Pendidikan Islam Prinsip-prinsip Pendidikan Islam. |
7. |
|
Lembaga Pendidikan Islam Macam-Macam Lembaga Pendidikan Islam Pengelolaan Administrasi Pendidikan Islam |
|
|
|
8 |
|
Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam. Pendekatan dalam pendidikan islam Metode pembelajaran pendidikan islam |
9 |
Tokoh Islam dalam Pendidikan islam Biografi tokoh Karya-karya monumental Pemikiran-pemikirannya tentang Pendidikan Islam |
|
10 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS) |
G. Tugas
Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.
Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:
1) Mahasiswa akan dibagi dalam 8 kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di awal perkuliahan ).
2) Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal pertemuan pertama.
3) Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.
4) Bahan yang akan didiskusikan dapat setidaknya mencakup:
Ø Materi, teori inti yang berkaitan dengan tema.
Ø Urgensi materi, manfaat materi.
Ø Dalil, Nas Pendukung.
Ø Materi pendukung yang lain.
Ø Integrasi dengan keilmuan yang lain
Ø Interkoneksi dengan isu-isu aktual.
5) Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB DIKUMPULKAN kepada Dosen pada saat presentasi makalah, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA, Berupa soft file dikirim ke alamat email : tonnyfaradizza@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).
6) KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAH TIDAK AKAN MENDAPATKAN NILAI TUGAS
7) Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.
H. Referensi
- Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup
- Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
- Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
- M. Roqib, 2009 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis
- Hasan, 2006, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press
- Azyumardi Azra, 2012, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.
- Mohammad Daud Ali, 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
- Abuddin Nata, 2012, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
- Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
- Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
- Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
- Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
- Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982
- Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
- Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.
I. Sistem Penilaian
No |
Komponen Penilaian |
Bobot |
1 |
Tugas |
20% |
2 |
Partisipasi dalam kelas |
15% |
3 |
Presensi Kehadiran |
15% |
4 |
UTS |
20% |
5 |
UAS |
30% |
Total |
100% |
J. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online maupun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi yang relevan.
No comments:
Post a Comment