Wednesday, September 16, 2020

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM 2020

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

STIK KENDAL

 

A. Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah  

: Ilmu Pendidikan Islam  

Semester

: III & V

Program Studi

: Pendidikan Agama Islam

Dosen

: Muhammad Fathoni, S.Pd.I, MSI

 

B. Deskripsi Isi


Ilmu Pendidikan Islam menjelaskan tentang: definisi, ruang lingkup, dan metode, wawasan kepribadian muslim, komponen, pelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatannya, problematika dan segi-segi, serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan pendidikan nasional.

C. Capaian Pembelajaran dan Indikator Pembelajaran

No.

Capaian Pembelajaran

Indikator

Pokok Bahasan

1

Memahami konsep, ruang lingkup, dan sistem Pendidikan Islam.

Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam.

1.      Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam.

2.      Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam.

3.      Sistem Pendidikan Islam.

2

Memiliki pemahaman tentang komponen Pendidikan Islam.

Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam.

4.      Komponen-komponen Pendidikan Islam.

5.      Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.

 

3

Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya

Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya.

6.      Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.

7.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.

8.      Evaluasi dalam Pendidikan Islam.

 

4

Memahami tentang kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.

9.      Eksistensi dan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia.

10.  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

 

 

D. Indikator Pencapaian

Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam. Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya. Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.

 

E. Learning Outcome

Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah ilmu pendidikan islam.  

 

F. Timeline Kegiatan

Pertemuan Ke

Tanggal Pertemuan

Topik Bahasan

1.

 

Kontrak Perkuliahan

Pengertian Pendidikan Islam

·         Konsep Dasar 

·         Ruang Lingkup Pendidikan Islam.

·         Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

2.

 

Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam

Tarbiyah, Taklim, Ta’dib

Komponen dan sumber Pendidikan Islam.

Ø Pendidik dalam Pendidikan Islam

Ø Peserta didik dalam Pendidikan Islam

Ø Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam

Ø Alat/ Sarana Pendidikan Islam

Ø Lingkungan Pendidikan Islam

3.

 

Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Proses Belajar Mengajar

Evaluasi dalam Pendidikan Islam.

4.

 

Peserta Didik dalam Pendidikan Islam

Etika Peserta Didik dalam Pendidikan Islam  

Karakteristik Peserta Didik

Urgensi Pengenalan Peserta Didik

5.

 

 UTS

6.

 

Sistem Pendidikan Islam

Kurikulum Pendidikan Islam

Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.

7.

 

Lembaga Pendidikan Islam  

Macam-Macam Lembaga Pendidikan Islam  

Pengelolaan Administrasi Pendidikan Islam  

 

 

 

8

 

Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.

Pendekatan dalam pendidikan islam

Metode pembelajaran pendidikan islam

9


Tokoh Islam dalam Pendidikan islam

Biografi tokoh

Karya-karya monumental

Pemikiran-pemikirannya tentang Pendidikan Islam

10

 

Ujian Akhir Semester (UAS)

 

G. Tugas

Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.

Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:

1)      Mahasiswa akan dibagi dalam 8  kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di awal perkuliahan ).

2)      Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal pertemuan pertama.

3)      Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.

4)      Bahan yang akan didiskusikan dapat setidaknya mencakup:

Ø  Materi, teori inti yang berkaitan dengan tema.

Ø  Urgensi materi, manfaat materi.

Ø  Dalil, Nas Pendukung.

Ø  Materi pendukung yang lain.

Ø  Integrasi dengan keilmuan yang lain

Ø  Interkoneksi dengan isu-isu aktual.

5)      Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB  DIKUMPULKAN kepada Dosen pada saat presentasi makalah, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA, Berupa soft file dikirim ke alamat email : tonnyfaradizza@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).    

6)      KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAH TIDAK AKAN MENDAPATKAN NILAI TUGAS  

7)      Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.

 

H. Referensi

  1. Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup
  2. Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
  3. Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
  4. M. Roqib, 2009 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis
  5. Hasan, 2006, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press
  6. Azyumardi Azra, 2012, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.
  7. Mohammad Daud Ali, 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
  9. Abuddin Nata, 2012, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  11. Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
  12. Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
  13. Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
  14. Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
  15. Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
  16. Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982
  17. Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
  18. Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.

 

I. Sistem Penilaian

No

Komponen Penilaian

Bobot

1

Tugas

20%

2

Partisipasi dalam kelas

15%

3

Presensi Kehadiran

15%

4

UTS

20%

5

UAS

30%


Total

100%

 

J. Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online maupun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi  yang relevan.


No comments:

Post a Comment