RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MI
PROGRAM STUDI PGMI
STIK KENDAL
A. Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah |
: Multimedia Pembelajaran MI |
Semester |
: V |
Program Studi |
: PGMI |
Dosen |
: Muhammad Fathoni, S.Pd.I, MSI |
B. Deskripsi Isi
Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktek pembuatan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi: media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan pandang (10) Produksi media presentasi (visual, audio, video). Diakhir mata kuliah ini, mahasiswa mampu merencanakan dan merancang satu produksi media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karakteristik mata pelajaran di sekolah yang dapat digunakan sebagai salah satu tool dalam praktek mengajar pengalaman lapangan. |
C. Capaian Pembelajaran (CP) dan Indikator Pembelajaran
No. |
Capaian Pembelajaran |
Indikator |
Pokok Bahasan |
1 |
Mahasiswa mampu memahami dengan tepat makna peran media sebagai suatu sistem dalam komunikasi dan pembelajaran |
Mampu: a. Menjelaskan pengertian sistem dalam pembelajaran menurut kalimat sendiri b. Menjelaskan pengertian media sebagai bagian inte-gral dalam pembelajaran c. Memberikan contoh kontribusi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar d. Menjelaskan dampak perkembangan teknologi informasi sebagai media dalam kehidupan sehari- hari e. Menjelaskan peranan media pembelajaran dalam konteks belajar f. Menjelaskan pentingnya media pembelajaran di sekolah g. Menjelaskan beberapa persoalan yang sering dihadapi oleh sekolah berkenaan dengan pemanfaatan media pembelajaran |
1. Pengertian sistem dalam pembelajaran 2. Pengertian media sebagai bagian integral dalam pembelajaran 3. Contoh kontribusi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar 4. Dampak perkembangan teknologi informasi sebagai media dalam kehidupan sehari-hari 5. Peranan media pembelajaran dalam konteks belajar 6. Pentingnya media pembelajaran di sekolah 7. Persoalan yang sering dihadapi oleh sekolah berkenaan dengan pemanfaatan media pembelajaran |
2 |
Mahasiswa mampu memahami pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran |
Mampu: a. Menjelaskan batasan dan definisi media pembelajaran b. Menjelaskan perbedaan antara media pembelajaran dengan alat peraga c. Menjelaskan perkembangan pengertian media pembelajaran d. Menyebutkan empat fungsi media pembelajaran menurut McKown e. Menyebutkan enam fungsi media pembelajaran menurut Rowntree f. Menjelaskan perbedaan tiga keistimewaan media menurut Gerlach dan Ely. |
1. Batasan dan definisi media pembelajaran 2. Perbedaan antara media pembelajaran dengan alat peraga 3. Perkembangan pengertian media pembelajaran 4. Empat fungsi media pembelajaran 5. menurut McKown 6. Enam fungsi media pembelajaran menurut Rowntree 7. Perbedaan tiga keistimewaan media menurut Gerlach dan Ely |
3 |
Mahasiswa dapat memahami landasan media pembelajaran meliputi landasan psikologis, historis, empiris, dan teknologis. |
Mampu: a. Menjelaskan pengertian landasan pemilihan media pembelajaran b. Menjelaskan landasan psikologis pemilihan media pembelajaran c. Menjelaskan landasan historis perkembangan konsep media pembelajaran d. Menjelaskan landasan empirik dan teknologis pemilihan media pembelajaran |
1. Pengertian landasan pemilihan media pembelajaran 2. Landasan psikologis pemilihan media pembelajaran 3. Landasan historis perkembangan 2) konsep media pembelajaran 3) Landasan empirik dan teknologis pemilihan media pembelajaran |
4 |
Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis media pembelajaran dan mampu memahami konsep pengintegrasiannya kedalam praktek pembelajaran |
Mampu: a. Menjelaskan klasifikasi media pembelajaran menurut bentuk dan ciri fisiknya b. Menjelaskan isi bagan kerucut pengalaman Edgar Dale c. Menjelaskan kalsifikasi media pembelajaran berdasarkan penggunaannya d. Menjelaskan klasifikasi media menurut hirarki pemanfaatannya |
1. Klasifikasi media pembelajaran menurut bentuk dan ciri fisiknya 2. Isi bagan kerucut pengalaman Edgar Dale 3. klasifikasi media pembelajaran berdasarkan penggunaannya 4. klasifikasi media menurut hirarki pemanfaatannya |
5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dengan daya pikir kritis, analitis, dan reflektif terhadap prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media |
Mampu: a. Menjelaskan prosedur pemilihan media b. Menjelaskan prinsip pemilihan media pembelajaran c. Menjelaskan prinsip penggunaan media pembelajaran |
1. Prosedur pemilihan media 2. Prinsip pemilihan media pembelajaran 3. Prinsip penggunaan media pembelajaran |
6 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun makalah terkait berbagai media Grafis dan non grafis dalam media pembelajaran |
Mampu: a. Mendiskripsikan pengertian media grafis dalam pembelajaran b. Mendeskripsikan jenis media grafis dan non grafis c. Menjelaskan langkah pembuatan media grafis |
1. Pengertian media grafis dalam pembelajaran 2. Jenis media grafis dan non grafis 3. Langkah pembuatan media grafis |
7 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan berbagai media ppt dalam praktek pembelajaran |
Mampu: a. Menjelaskan pengertian PPT b. Menjelaskan prinsip pengembangan media presentasi PPT |
1. Pengertian PPT 2. Menjelaskan prinsip pengembangan media presentasi PPT |
8 |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan memproduksi media pembelajaran produksi media presentasi (visual, audio, video) sebagai media pembelajaran melalui tugas proyek. |
Mampu: a. Menjelaskan pengertian media pembelajaran visual b. Menjelaskan pengertian media pembelajaran audio c. Menjelaskan pengertian media pembelajaran kinestetik d. Mengaplikasikan berbagai media pembelajaran VAK sesuai dengan bidang studi baik secara utility maupun by design |
1. Pengertian media pembelajaran visual 2. pengertian media pembelajaran audio 3. pengertian media pembelajaran kinestetik 4. Mengaplikasikan berbagai media pembelajaran VAK sesuai dengan bidang studi baik secara utility maupun by design |
D. Indikator Pencapaian
Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu menjelaskan (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi:media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan pandang (10) Produksi media presentasi (visual, audio, video),
E. Learning Outcome
Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah multimedia pembelajaran MI.
F. Timeline Kegiatan
Pertemuan Ke |
Tanggal Pertemuan |
Topik Bahasan |
1. |
|
Makna, peran media dalam komunikasi dan pembelajaran Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, |
2. |
|
Landasan media pembelajaran |
3. |
|
Penggolongan media pembelajaran |
4. |
|
Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media |
5. |
|
Media Benda Asli dan Bukan Asli, |
6. |
|
Ujian Tengah Semester (UTS) |
7. |
|
Media dua dimensi |
8 |
|
Media Grafis Media dengar (audio) dan pandang (visual) |
9 |
Produksi media presentasi (visual, audio, video), |
|
10 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS) |
G. Tugas
Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.
Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:
1) Mahasiswa akan dibagi dalam 3 kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di awal perkuliahan ).
2) Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal pertemuan pertama.
3) Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.
4) Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB DIKUMPULKAN kepada Dosen pada saat presentasi makalah, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA, Berupa soft file dikirim ke alamat email : tonnyfaradizza@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).
5) KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAH TIDAK AKAN MENDAPATKAN NILAI TUGAS
6) Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.
H. Referensi
1. Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
2. Mayer E. R. 2009. Multimedia Learning. Pustaka Pelajar: Jogjakarta
3. Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahadjito. 1990. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1.Jakarta: Penerbit CV. Rajawali
4. Setyosari, Punaji dan Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Elang Mas: Malang
I. Sistem Penilaian
No |
Komponen Penilaian |
Bobot |
1 |
Tugas |
20% |
2 |
Partisipasi dalam kelas |
15% |
3 |
Presensi Kehadiran |
15% |
4 |
UTS |
20% |
5 |
UAS |
30% |
Total |
100% |
J. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online maupun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi yang relevan.
No comments:
Post a Comment