Wednesday, September 16, 2020

RPS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MI

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

MATA KULIAH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MI

PROGRAM STUDI PGMI

STIK KENDAL

 

A. Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah  

: Multimedia Pembelajaran MI

Semester

: V

Program Studi

: PGMI

Dosen

: Muhammad Fathoni, S.Pd.I, MSI

 

B. Deskripsi Isi


Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktek pembuatan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi: media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan  pandang  (10) Produksi  media  presentasi (visual,  audio, video). Diakhir mata  kuliah  ini, mahasiswa mampu merencanakan dan merancang satu produksi media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karakteristik mata pelajaran di sekolah yang dapat digunakan sebagai salah satu tool dalam praktek mengajar pengalaman lapangan.

C.  Capaian Pembelajaran (CP) dan Indikator Pembelajaran

No.

Capaian Pembelajaran

Indikator

Pokok Bahasan

1

Mahasiswa   mampu memahami dengan tepat makna peran media sebagai suatu sistem dalam komunikasi dan pembelajaran

Mampu:

a.      Menjelaskan     pengertian sistem dalam pembelajaran menurut kalimat sendiri

b.      Menjelaskan     pengertian media sebagai bagian inte-gral dalam pembelajaran

c.       Memberikan contoh kontribusi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar

d.      Menjelaskan          dampak perkembangan teknologi informasi sebagai media dalam kehidupan sehari- hari

e.      Menjelaskan peranan media pembelajaran dalam konteks belajar

f.        Menjelaskan    pentingnya media pembelajaran di sekolah

g.       Menjelaskan       beberapa persoalan yang sering dihadapi oleh sekolah berkenaan dengan pemanfaatan media pembelajaran

1.    Pengertian sistem dalam pembelajaran

2.    Pengertian   media sebagai bagian integral   dalam pembelajaran

3.    Contoh kontribusi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar

4.    Dampak perkembangan teknologi      informasi sebagai  media  dalam kehidupan sehari-hari

5.    Peranan     media pembelajaran dalam konteks belajar

6.    Pentingnya         media pembelajaran di sekolah

7.    Persoalan yang sering dihadapi oleh sekolah berkenaan dengan pemanfaatan media pembelajaran

2

Mahasiswa   mampu memahami pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran

Mampu:

a.      Menjelaskan batasan dan definisi media pembelajaran

b.      Menjelaskan  perbedaan antara media pembelajaran dengan alat peraga

c.       Menjelaskan perkembangan pengertian media pembelajaran

d.      Menyebutkan empat fungsi media pembelajaran menurut McKown

e.      Menyebutkan            enam fungsi  media pembelajaran menurut Rowntree

f.        Menjelaskan   perbedaan tiga keistimewaan media menurut Gerlach dan Ely.

1.      Batasan   dan   definisi media pembelajaran

2.      Perbedaan  antara media pembelajaran dengan alat peraga

3.      Perkembangan pengertian         media pembelajaran

4.      Empat   fungsi   media pembelajaran

5.      menurut McKown

6.      Enam    fungsi    media pembelajaran

menurut Rowntree

7.      Perbedaan      tiga keistimewaan media menurut Gerlach dan Ely

3

Mahasiswa dapat memahami landasan media pembelajaran meliputi landasan psikologis, historis, empiris, dan teknologis.

Mampu:

a.      Menjelaskan pengertian landasan pemilihan media pembelajaran

b.      Menjelaskan landasan psikologis pemilihan media pembelajaran

c.       Menjelaskan landasan historis perkembangan konsep media pembelajaran

d.      Menjelaskan landasan empirik dan teknologis pemilihan media pembelajaran

1.      Pengertian landasan pemilihan media pembelajaran

2.      Landasan psikologis pemilihan media pembelajaran

3.      Landasan historis perkembangan

2)      konsep media pembelajaran

3)      Landasan empirik dan teknologis pemilihan media pembelajaran

4

Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis media pembelajaran dan mampu memahami konsep pengintegrasiannya kedalam                    praktek pembelajaran

Mampu:

a.      Menjelaskan klasifikasi media pembelajaran menurut bentuk dan ciri fisiknya

b.      Menjelaskan isi     bagan kerucut   pengalaman Edgar Dale

c.       Menjelaskan       kalsifikasi media           pembelajaran berdasarkan penggunaannya

d.      Menjelaskan klasifikasi          media menurut           hirarki pemanfaatannya

1.      Klasifikasi           media pembelajaran menurut  bentuk  dan ciri fisiknya

2.      Isi bagan kerucut pengalaman Edgar Dale

3.      klasifikasi            media pembelajaran berdasarkan penggunaannya

4.      klasifikasi   media menurut    hirarki pemanfaatannya

5

Mahasiswa mampu menjelaskan dengan daya pikir kritis, analitis, dan reflektif terhadap prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media

Mampu:

a.      Menjelaskan        prosedur pemilihan media

b.      Menjelaskan            prinsip pemilihan media pembelajaran

c.       Menjelaskan   prinsip penggunaan media pembelajaran

1.      Prosedur      pemilihan media

2.      Prinsip          pemilihan media pembelajaran

3.      Prinsip     penggunaan media pembelajaran

6

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun makalah terkait berbagai media Grafis dan non grafis dalam media pembelajaran

Mampu:

a.      Mendiskripsikan pengertian   media   grafis dalam pembelajaran

b.      Mendeskripsikan        jenis media  grafis  dan  non grafis

c.       Menjelaskan langkah pembuatan media grafis

1.      Pengertian media grafis dalam pembelajaran

2.      Jenis media grafis dan non grafis

3.      Langkah    pembuatan media grafis

7

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan berbagai media ppt dalam praktek pembelajaran

Mampu:

a.      Menjelaskan   pengertian PPT

b.      Menjelaskan  prinsip pengembangan media presentasi PPT

1.      Pengertian PPT

2.      Menjelaskan     prinsip pengembangan media presentasi PPT

8

Mahasiswa mampu mengembangkan dan memproduksi media pembelajaran produksi media presentasi (visual, audio, video) sebagai media pembelajaran melalui tugas proyek.

Mampu:

a.      Menjelaskan pengertian media   pembelajaran visual

b.      Menjelaskan     pengertian media   pembelajaran audio

c.       Menjelaskan     pengertian media           pembelajaran kinestetik

d.      Mengaplikasikan berbagai     media pembelajaran      VAK sesuai dengan bidang studi     baik     secara utility    maupun    by design

1.      Pengertian         media pembelajaran visual

2.      pengertian         media pembelajaran audio

3.      pengertian         media pembelajaran kinestetik

4.      Mengaplikasikan berbagai   media pembelajaran  VAK sesuai dengan bidang studi baik      secara utility    maupun    by design

 

D. Indikator Pencapaian

Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu menjelaskan (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi:media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan  pandang  (10) Produksi  media  presentasi (visual,  audio, video),

 

E. Learning Outcome

Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah multimedia pembelajaran MI.  

 

F. Timeline Kegiatan

Pertemuan Ke

Tanggal Pertemuan

Topik Bahasan

1.

 

 Makna, peran media dalam komunikasi dan pembelajaran

 Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran,

2.

 

 Landasan media pembelajaran

3.

 

Penggolongan media pembelajaran

4.

 

Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media

5.

 

Media Benda Asli dan Bukan Asli,

6.

 

  Ujian Tengah Semester (UTS)

7.

 

  Media dua dimensi

8

 

  Media Grafis

  Media dengar (audio) dan pandang (visual)

9


  Produksi media presentasi (visual, audio, video),

10

 

  Ujian Akhir Semester (UAS)

 

G. Tugas

Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.

Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:

1)      Mahasiswa akan dibagi dalam 3  kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di awal perkuliahan ).

2)      Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal pertemuan pertama.

3)      Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.

4)      Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB  DIKUMPULKAN kepada Dosen pada saat presentasi makalah, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA, Berupa soft file dikirim ke alamat email : tonnyfaradizza@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).    

5)      KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAH TIDAK AKAN MENDAPATKAN NILAI TUGAS  

6)      Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.

 

H. Referensi

1.    Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

2.    Mayer E. R. 2009. Multimedia Learning. Pustaka Pelajar: Jogjakarta

3.    Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahadjito. 1990. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1.Jakarta: Penerbit CV. Rajawali

4.    Setyosari, Punaji dan Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Elang Mas: Malang

 

I. Sistem Penilaian

No

Komponen Penilaian

Bobot

1

Tugas

20%

2

Partisipasi dalam kelas

15%

3

Presensi Kehadiran

15%

4

UTS

20%

5

UAS

30%


Total

100%

 

J. Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online maupun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi  yang relevan.


No comments:

Post a Comment