RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
|
UNIVERSITAS IVET FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
|||||||
RENCANA PEMBELAJARAN |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
|||
STRATEGI PENGEMBANGAN MORAL AGAMA AUD |
|
MKU |
3 |
III |
24 September 2019 |
|||
OTORISASI |
Pengembang RP |
Koordinator RMK |
Kaprodi |
|||||
TIM TEACHING |
|
Ratno, M.Pd |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI |
|
||||||
SIKAP : S1, S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, S11, KETERAMPILAN UMUM : KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU9 |
||||||||
CP-MK |
|
|||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan kepada semua mahasiswa pada program PG PAUD yang ada di Universitas IVET Semarang yang memiliki bobot 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep dasar moral dan pemahaman anak usia dini tentang nilai-nilai agama, teori dan pendekatan dalam upaya membantu perkembangan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini, dan memberikan gambaran bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan moral dan agama pada anak usia dini, perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama dan assesmen pembelajaran moral dan nilai agama anak usia dini. |
|||||||
Pokok Bahasan / Bahan Kajian |
1) Bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama 2) Hakekat pengembangan moral anak usia dini 3) Tahapan-tahapan perkembangan moral 4) Moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini 5) Disonansi moral 6) Perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini 7) Assesmen pembelajaran moral dan nilai agama anak usia dini |
|||||||
Pustaka |
Utama |
|||||||
1) Ali Nugraha dan Yeni Rachmawati; Metode Pengembangan Sosial Emosional (2004) 2) Otib Satibi Hidayat; Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama (2004)
|
||||||||
Pendukung : |
||||||||
1) Goleman, D. 1995. Emotional Intelegence. Jakarta. Gramedia 2) Hadis, FA. 1995. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta. Depdikbud 3) Patmonodewo, S. 1995. Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah. Jakarta. depdikbud 4) Syamsudin. A. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya 5) Kartono, Kartini. 1985. Mengenal Dunia Kanak-kanak. Jakarta. CV. Rajawali 6) Lawrence, E.S. 1997. Mengarjakan Emosianal Intelegence pada Anak. Jakarta. Gramedia 7) Ulwan, A.N. 1999. Mendidik Anak dalam Pandangan Islam. Jakarta. Gema Insani Press 8) Djakhiri, A.K. at all. 1996. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakrta. Depdikbud 9) Daeng. D.P. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Depdikbud 10) Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. 1995. Jakarta. Depdikbud 11) Coles. R. 2000. Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama 12) Moeslicatun. R. 1996. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Depdikbud 13) Semiawan. C.R. 2002. Pendidikan Keluarga dalam Era Gobal. Jakarta. Frennhallindo 14) Petunjuk Kegiatan Penilaian di Taman kanak-kanak. Jakarta. Depdiknas
|
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak : |
Perangkat keras : |
|
|||||
1. Power point 2. Video, Film 3. Internet |
3. Buku 4. Laptop 5. LCD |
|
||||||
Team Teaching |
|
|
||||||
Mata kuliah syarat |
|
|
||||||
Mg Ke-
(1) |
Sub-CP-MK
(2) |
Indikator
(3) |
Kriteria & Bentuk Penilaian (4) |
Metode Pembelajaran (+Estimasi Waktu) (5) |
Materi Pembelajaran (+Pustaka) (6) |
Bobot Penilaian (%) (7) |
||
1 |
SIKAP: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri maupun kelompok. |
Memahami dari penjelasan RPS. Memahami tugas-tugas individu yang diberikan dan tugas-tugas kelompok . |
Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan. Pemahaman akan tugas-tugas yang diberikan baik mandiri maupun kelompok. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstorming |
Kontrak kuliah; penjelasan RPS, pembagian tugas mandiri dan kelompok, |
5 |
||
|
Saling menghormati dan menghargai antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan mahasiswa. KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan moral agama Anak Usia Dini. |
Memahami anggota kelompok dan materi tugas kelompoknya. Kelengkapan dalam mengerjakan tugas, Keaktifan di kelas dalam memberikan pertanyaan dan jawaban. |
|
(2x50 menit) |
kelompok presentasi. |
|
2 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri maupun kelompok. KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan moral agama Anak Usia Dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang Perkembangan sosio-emosional dan moral anak TK menurut berbagai tokoh dan Pengembangan sosio-emosional dan moral anak usia dini PENGETAHUAN: Menguasai konsep dasar moral dan nilai-nilai agama secara baik disertai referensi yang memadai. |
Mahasiswa memahami konsep dasar moral dan nilai-nilai agama |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat · Ketepatan dalam menjelaskan Konsep dasar moral dan nilai-nilai agama |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Perkembangan sosio-emosional dan moral anak usia dini menurut berbagai tokoh · Pengembangan sosio-emosional dan moral anak usia dini |
5 |
3 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak PENGETAHUAN: Menguasai dan memahami tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak. |
- Mahasiswa mampu memahami tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat · Ketepatan dalam menjelaskan tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
Tujuan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak |
5 |
4 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan moral agama Anak Usia Dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini PENGETAHUAN: Menguasai ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak di TK |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktipan dalam curah pendapat · Ketepatan dalam menjelaskan ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
Ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini |
5 |
5 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks hakikat perkembangan moral anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu menjelaskan Hakikat perkembangan moral anak usia dini, Perkembangan moral menurut beberapa tokoh PENGETAHUAN: Menguasai dan memahami hakikat perkembangan moral anak usia dini |
Mahasiswa dapat memahami hakikat perkembangan moral anak usia dini |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktipan dalam curah pendapat · Ketepatan dalam menjelaskan hakikat perkembangan moral anak usia dini. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Hakikat perkembangan moral anak usia dini, · Perkembangan moral menurut beberapa tokoh. |
5 |
|
6 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks tahapan-tahapan perkembangan moral. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu menjelaskan tahapan perkembangan moral, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak PENGETAHUAN: Menguasai konsep tahapan-tahapan perkembangan moral |
Mahasiswa dapat memahami tahapan-tahapan perkembangan moral |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat · Ketepatan dalam menjelaskan konsep tahapan-tahapan perkembangan moral |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Tahapan perkembangan moral, · Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak |
|
|
7 |
Ujian Tengah Semester |
10 |
|
||||
8 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan Moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini, Nilai-nilai agama yang harus di ajarkan, Pembelajaran nilai-nilai moral yang nyata dalam kelas. PENGETAHUAN: Menguasai konsep moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini. |
Mahasiswa dapat memahami moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat tentang moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini · Nilai-nilai agama yang harus di ajarkan · Pembelajaran nilai-nilai moral yang nyata dalam kelas |
5 |
|
9,10 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks disonansi moral pada anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang pengertian disonansi dan resonansi, faktor munculnya disonansi dan penanggulangan dan pencegahan disonansi moral pada anak usia dini. PENGETAHUAN: Menguasai konsep disonansi moral
|
Mahasiswa dapat memahami konsep disonansi moral |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat Ketepatan dalam menjelaskan disonansi moral. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Konsep disonansi moral · Pengertian disonansi dan resonansi · Penyebab disonansi moral · Faktor-faktor munculnya disonansi · Penanggulangan dan pencegahan disonansi moral secara umum · Penanggulangan dan pencegahan disonansi moral pada anak usia dini |
5 |
|
11 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks disonansi moral pada anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang penanggulangan dan pencegahan disonansi moral, peran guru PAUD dalam mencegah terjadinya disonansi moral . PENGETAHUAN: Menguasai konsep disonansi moral |
Mahasiswa dapat memahami konsep disonansi moral |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat Ketepatan dalam menjelaskan disonansi moral. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Penanggulangan dan pencegahan disonansi moral pada anak usia dini · Peran guru anak usia dini dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya disonansi moral
|
5 |
12-13 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang perencanaan, tujuan, fungsi, dan bentuk pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini PENGETAHUAN: Menguasai konsep perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini |
Mahasiswa dapat memahami perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat Ketepatan dalam menjelaskan perencanaan pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Perencanaan pembelajaran · Tujuan perencanaan pembelajaran · Fungsi perencanaan pembelajaran · Bentuk perencanaan pembelajaran pada anak usia dini |
5 |
14,15 |
SIKAP: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan belajarnya Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas prilaku belajarnya secara mandiri; KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks assesmen pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu memberikan penjelasan tentang perencanaan, tujuan, fungsi, dan bentuk pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini PENGETAHUAN: Menguasai konsep assesmen pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. |
Mahasiswa dapat memahami assesmen pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini |
· Keaktifan mahasiswa mendengarkan penjelasan dan memberikan tanggapan · Keaktifan dalam curah pendapat Ketepatan dalam menjelaskan assesmen pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Brainstormi ng, Tugas (2x50 menit) |
· Pengertian assesmen perkembangan anak · Pentingnya assesmen bagi perkembangan anak usia dini · Tujuan assesmen perkembangan anak · Kegunaan assesmen perkembangan anak · Fungsi assesmen perkembangan belajar anak usia dini · Subjek dan sasaran assesmen perkembangan belajar anak usia dini · Pendekatan-pendekatan assesmen |
5 |
|
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
20 |
|
||||
|
Total: |
100 |
Disusun Oleh: |
Diperiksa Oleh: |
Disahkan Oleh: |
|
Dosen Pengampu |
Koordinator Tim Teaching |
Ketua Program Studi |
Wakil Rektor I |
Muhammad Fathoni, S.Pd.I, M.S.I NIY. - |
Dr. Luluk Elyana, M.Si NIY. |
Ratno, M.Pd NIY. 610041984 |
|
No comments:
Post a Comment